CARA MELAKUKAN PENGADUAN MASYARAKAT

Apakah yang
akan dilakukan terhadap Pengaduan yang disampaikan?
Setiap Pengaduan yang disampaikan akan ditindaklanjuti dengan tahapan penanganan sebagai berikut :
Proses pemilahan
  • Laporan pengaduan diteruskan ke bidang teknis terkait (JAM Pidum, JAM Pidsus, JAM Datun)
    apabila materi pengaduan adalah mengenai masalah teknis penanganan perkara.
  • Ditangani oleh bidang Pengawasan
  • Proses telaah
  • Klarifikasi oleh daerah
  • Ada indikasi
  • Proses pemeriksaan oleh PPF (Pejabat Pengawasan Fungsional) *
  • Tidak ada indikasi
  • Pengaduan dihentikan *
  • Laporan Hasil Pemeriksaan
    Terbukti
  • Proses penjatuhan sanksi (ringan, sedang, berat)
  • Tidak terbukti
  • pemeriksaan dihentikan
  • Terlapor keberatan atas hukuman disiplin *
  • Proses Majelis Kehormatan Jaksa **
  • Pelaksanaan hukuman disiplin
  • * optional
    ** khusus untuk jaksa yang diusulkan diberhentikan dengan hormat/tidak dengan hormat.

    Bagaimana cara
    untuk mengetahui tindak lanjut yang dilakukan terhadap pengaduan yang disampaikan?
  • Tindak lanjut yang dilakukan terhadap setiap pengaduan yang diterima akan diumumkan melalui fitur Perkembangan Penanganan Pengaduan yang ada pada website Kejaksaan, berdasarkan nomor registrasi masing-masing. Untuk itu, penting bagi Anda sebagai Pelapor untuk mengingat atau mencatat dengan baik nomor registrasi dari pengaduan yang Anda sampaikan.
  • LAPORKAN..!
    <